Powered By Blogger

Senin, 04 September 2017

materi TIK

Menggunakan menu dan ikon dalam Microsoft Excel

Menu dan ikon yang terdapat pada Microsoft Excel 2007 mempunyai fungsi sesuai uraian materi sebelumnya. Penggunaan beberapa menu dan ikon yang terdapat pada Microsoft Excel 2007 akan dibahas pada uraian berikut.Selanjutnya, Anda dapat mempelajari lebih mendalam tentang penggunaan menu dan ikon pada materi Penggunaan Microsoft Excel 2007 untuk Menghasilkan informasi
a. Menyimpan lembar kerja Excel
Lembar kerja Excel yang sudah jadi perlu diamankan agar tidak hilang, yaitu dengan cara disimpan ke hardisk atau disket terlebih dahulu. Lembar kerja yang terdapat dalam sebuah workbook akan disimpan dalam file Excel, cara menyimpan workbook dengan menggunakan ikon adalah sebagai berikut.
1) Klik ikon aa pada quick access toolbar.
2) Setelah masuk ke kotak dialog Save As, masukkan pilihan folder untuk menyimpan lembar kerja di dalam kotak pilihan Save in.
3) Isikan nama file sesuai dengan keinginan di kotak isian file name dengan cara menghapus dulu nama file default Excel. Sebagai contoh, apabila Anda akan mengganti nama file menjadi Daftar Nilai, maka yang harus dilakukan adalah menghapus “Book 1” kemudian ketikan “Latihan 1”.
gg
4) Apabila Anda menginginkan file simpanan Anda dapat dibuka kembali pada aplikasi Excel selain 2007 (misalnya di Excel 2003), maka gantilah tipe penyimpanan pada kotak pilihan Save As Type menjadi Excel 97-2003 workbook.
h
atau dengan memilih Save as Type Perhatikan tampilan berikut.
hh
5) Setelah selesai klik Save
Dari proses penyimpanan tersebut, hasil lembar kerja Excel yang Anda simpan memiliki ekstensi xls. Berdasarkan contoh di atas, nama file yang tersimpan menjadi Latihan 1.xls
Sumber : http://www.umboh.net/2012/01/menambahkan-dan-menggunakan-ikon-atau.html#ixzz2JTILttDa

Menambahkan Ikon atau Menu pada Quick Access Toolbar

Dalam penggunaan Excel 2007 kita membutuhkan tool-tool untuk menyelesaikan pekerjaan Excel agar akses dan eksekusi data menjadi lebih cepat. Namun, tidak jarang tool-tool yang sering dibutuhkan belum masuk ke dalam tab.
Anda dapat memasukkan tombol-tombol perintah tersebut ke dalam Quick Access Toolbar dengan cara sebagai berikut
  1. Klik tombol combo box pada baris Quick Access Toolbar
  2. Berilah tanda (√) di depan pilihan tombol tersebut.
ff
Jika ternyata dalam pilihan combo box tidak terdapat tool-tool yang kita butuhkan, kita dapat mengakses dan sekaligus memasukkan ke dalam Quick Access Toolbar dengan cara berikut.
1) Klik tombol combo box pada access toolbar.
2) Pilih dan klik pada pilihan perintah More commands.
3) Pilihlah salah satu tombol yang diinginkan, masukkan ke dalam kotak pilihan Quick Access Toolbar.
g

Elemen pada Microsoft Excel

A. Ikon Menu Kontrol
Ikon menu kontrol Excel 2007 sangat berbeda dengan Excel 2003 yang hanya berisi instruksi-instruksi untuk mengubah posisi jendela. Dalam Excel 2007, isi perintah-perintah ikon menu kontrol ini akan muncul saat ikon menu kontrol tersebut diklik, sebagaimana ditampilkan dalam gambar berikut.
a
  1. New, yang dilambangkan dengan simbol s merupakan perintah untuk menampilkan lembar kerja kosong untuk dilakukan pengetikan dokumen baru. Untuk memulai pekerjaan pada Microsoft Excel 2007 dilakukan dengan klik pada ikon ini.
  2. Open, disimbolkan dengan lambang d merupakan perintah untuk membuka dokumen Microsoft Excel 2007 yang telah tersimpan dalam hardisk, CD/DVDRom. USB Flashdisk, Disket, atau media simpan lain.
  3. Save, aa merupakan perintah untuk menyimpan file lembar kerja Excel 2007 yang baru dibuat atau diedit, yang sebelumnya pernah atau belum pernah tersimpan di dalam hardisk, CD/DVDROM, USB Flashdisk, disket, atau media simpan lainnya.
  4. Save As, ss tombol ini memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan perintah . Perintah sudah dilengkapi dengan fasilitas yang apabila diklik terdiri atas perintah-perintah seperti ditampilkan pada gambar berikut.dd
    Sub tab menu Save As aplikasi Microsoft Excel 2007
    Keterangan:
    • Excel Workbook, adalah perintah menyimpan dokumen dalam format file default dan Microsoft Excel 2007.
    • Excel Macro Enabled workbook, adalah perintah untuk menyimpan lembar kerja sebagai sebuah template yang dapat digunakan untuk menyimpan lembar kerja ke format lain.
    • Excel Binary Workbook, yaitu perintah untuk menyimpan lembar kerja ke beberapa format dan diyakini dapat diakses dengan mudah.
    • Excel 97-2003 Workbook, digunakan untuk menyimpan lembar kerja dalam format yang sangat cocok untuk diedit oleh Microsoft Excel 1997 hingga 2003.
    • Find add ins for other File formats, perintah ini digunakan untuk mempelajari dari help tentang add-ins untuk menyimpan format dokumen ke bentuk lain, misalnya ke format PDF atau XPS.
    • Other Format, adalah perintah untuk membuka kotak dialog Save As, sehingga kita leluasa
    b. Quick Access Toolbar
    Quick access toolbar letaknya di pojok kanan atas tepatnya di sebelah kiri ikon menu kontrol. Setiap tombol dikenali menurut bentuk-bentuk ikon gambar yang masing-masing mewakili perintah tertentu dan berbeda perintah antara tombol satu dengan tombol lainnya.
    c. Baris Tab
    Lingkungan kerja Excel 2007 sangat berbeda tampilannya dengan Microsoft Excel versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tampilan baris judul pull down menu yang fungsinya berubah menjadi baris judul tab/baris tab. Pada setiap tab terdiri atas kumpulan toolbar-toolbar.
    d. Size Button
    Size button digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja. Dalam layar Excel 2007 terdiri dari empat tombol sebagai berikut.
    • Minimize Untuk menutup sementara Ms. Excel, jendela ditutup dan dikirim ke taskbar menjadi sebuah ikon. Untuk membuka kembali klik pada ikon di taskbar.
    • Restore Mengembalikan jendela Ms. Excel keukuran semula.
    • Maximize Mengubah ukuran jendela Ms. Excel menjadi ukuran yang lebar.
    • Close Untuk menutup jendela Ms. Excel.

    e. Name Box
    Name box merupakan toolbar yang berisi alamat suatu cell.

    f. Formula Bar
    Formula bar adalah tempat untuk menuliskan rumus (fungsi).fKeterangan :
    1. Tombol Cancel digunakan untuk membatalkan pengisian sel melalui formula bar.
    2. Tombol Enter digunakan untuk memasukkan teks atau formula pada sel yang ditentukan sebelumnya.
    3. Tombol Insert Function digunakan untuk menyisipkan fungsi tertentu ke dalam sel.
    g. Kolom
    Kolom merupakan baris lajur yang berisi abjad A sampai IV (256 kolom, kolom maksimal).
    h. Baris
    Baris berisi angka 1 sampai 65.536 (jumlah baris maksimal).
    i. Scroll Bar
    Scroll bar merupakan bar penggulung yang dibedakan menjadi dua, yaitu vertical scroll bar dan horizontal scroll bar.
    1. Vertical scroll Bar berfungsi untuk menggulung dokumen ke atas atau ke bawah.
    2. Horizontal scroll bar digunakan untuk menggulung layar ke kiri dan ke kanan.
    j. Tombol Navigasi Sheet
    Tombol navigasi sheet adalah tombol yang digunakan untuk berpindah dari satu sheet ke sheet yang lain.

    k. Baris Status
    Baris status adalah baris yang berisi keterangan yang menunjukkan lembar kerja yang saat itu digunakan/dikerjakan.
    l. Zoom
    Zoom merupakan tombol untuk mengatur penampilan layar, mengecilkan dan membesarkan lembar kerja dalam layar.
Sumber : http://www.umboh.net/2012/01/menu-dan-ikon-microsoft-excel-2007.html#ixzz2JTGKzvZd

MENGIDENTIFIKASI PROGAM MICROSOFT EXCEL 2010

Mengenal Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet canggih yang bisa digunakan untuk menampilkan data, melakukan pengolahan data, kalkulasi, membuat diagram, laporan, dan semua hal yang berkaitan dengan data yang berupa angka. Contoh aplikatif dari penggunaan spreadsheet dalam kehidupan seharihari misalnya  untuk keperluan sebagai berikut.
  1. Menghitung rata-rata atau nilai maksimum suatu data.
  2. Membuat sebuah grafik yang memperlihatkan presentasi suatu penjualan dalam range tertentu.
  3. Memperlihatkan jumlah total suatu variabel.
  4. Memanajemen suatu database.
Spreadsheet pada dasarnya adalah grid besar yang menata data ke dalam baris dan kolom, namun Excel memiliki fitur yang lebih dan hanya sekedar pengganti buku akuntansi. Excel dapat melakukan semua kalkulasi yang diinginkan, dan misalkan data di dalam sebuah sheet Excel diubah/di-update, maka Excel dapat langsung melakukan peng-update-an hasil tanpa harus mengubah struktur keseluruhan dari penulisan spreadsheet.
Salah satu software spreadsheet terbaru saat ini adalah Microsoft Excel 2010. Aplikasi pengolah angka ini merupakan salah satu bagian dalam Microsoft Office 2010.
Menurut penelitian mengenai penggunaan program di Amerika dinyatakan bahwa Microsoft Excel keluaran dari Microsoft Corporation ini terbukti paling laris dan paling banyak digunakan di pasaran jika dibandingkan dengan program pengolah angka sejenis seperti Quattro, Quattro Pro, Lotus, dan Supercall. Hal tersebut dikarenakan Microsoft Excel berada di bawah sistem operasi Windows yang memiliki keunggulan berbasis grafik (Grafic user interface/GUI) yang dikembangkan oleh Microsoft, artinya sistem ini selain digunakan untuk mode grafis juga memiliki kelebihan untuk melaksanakan tugas ganda/multitasking. Pada saat yang bersamaan dapat digunakan untuk menjalankan program lain yang berbeda.
Microsoft Office Excel 2010 merupakan pengembangan dan Microsoft Office versi sebelumnya dan merupakan salah satu produk Microsoft Corporation. Pada Excel 2010 ini tersedia berbagai macam kemampuan untuk membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan, khususnya yang berhubungan dengan pengolahan angka, baik dalam perkantoran maupun dalam dunia bisnis lainnya.
Excel 2010
Tampilan Jendela Kerja Excel 2010
     Setiap lembar kerja Excel 2010 terdiri dari 255 kolom (columns) dan 65536 baris (rows). Kolom pada Excel 2010 diwakili oleh huruf A,B,C,…sampai IV, sedangkan baris diwakili oleh angka 1,2,3,…65536. Perpotongan antara baris dan kolom disebut sel (cell). Sel diberi nama menurut posisi kolom dan baris pada lokasinya. Sebagai contoh sel C4 adalah perpotongan antara kolom C dan baris 4

5 komentar:

SOAL TIK

SOAL TIK KELAS XI IPA2   1.   Tiga syarat penting dalam membuat blog di bawah ini benar, kecuali: a.   Punya email b. ...